Kamis, 21 April 2016

Tips Memilih Kado Gadget yang Tepat untuk Buah Hati.


tugas 2 Bahasa Indonesia
topic : Tips Memilih Kado Gadget yang Tepat untuk Buah Hati.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pada zaman sekarang ini, perkembangan teknologi sudah berkembang pesat. Banyak yang sudah menggunakan teknologi dari usia dini sampai usia lanjut, sehingga tidak heran bahwa perkembangan teknologi ini sering di ikuti oleh semua manusia.

             Teknologi adalah sebuah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi secara signifikan memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau untuk daerah tertentu. Contoh: teknologi informasi, teknologi nuklir, teknologi pertanian, dan teknologi komunikasi.

            Salah satu perkembangan teknologi saat ini adalah gadget. Gadget sekarang sudah banyak yang digunakan oleh semua umur, termasuk anak-anak yang masih dini. Sehingga anak-anak dini pun sekarang ini sudah terpengaruhi oleh perkembangan gadget, yang termsuk gadget itu adalah smartphone, tablet yang di gunakan setiap saat dan fitur-fitur yang ada di gadget membuat anak-anak suka menggunakannya tanpa memikirkan kewajiban mereka.

            Sekarang pengawasan dari orang tua sangat di butuhkan untuk menjaga anak dalam menggunakan gadget sehingga anak-anak tidak berlebihan dalam menggunakan gadget dan bisa mengatur waktu dalam belajar.


1.2  Rumusan Masalah

1.      Pengaruh gadget pada anak-anak?
2.      Tips memilih gadget untuk anak?
3.      Bagaimana cara mengawasi anak dalam menggunakan gadget?
4.      Aplikasi apa untuk membantu anak dalam belajar menggunakan gadget?

1.3  Tujuan Penulisan

1.      Untuk memilihkan gadget yang baik untuk anak.
2.      Memberi informasi tentang pengaruh gadget.
3.      Memberikan informasi untuk mengawasi anak menggunakan gadget.


1.4  Manfaat Penulisan

Untuk menambah dan menjaga anak dalam menggunakan gadget. Sehingga tidak leluasa anak tersebut menggunakan gadget yang sekarang ini.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perkembangan Gadget
           
            Disaat ini sudah banyak perkembangan teknologi, salah satunya adalah perkembangan gadget. Gadget adalah suatu alat komunikasi yang saat ini sudah banyak yang memiliki sehingga semakin banyak perusahaan berloma dalam merebut hati manusia untuk membeli produk perusahaan. Tidak ketinggalan juga anak usia dini juga sudah banyak yang menggunakan gadget. Dengan mudahnya menggunakan gadget anak usia dini juga mudah mengerti cara menggunakan gadget tersebut. Salah satu perkembangan gadget yaitu smartphone.

2.2 Pengaruh Gadget Pada Anak

            Pengaruh perkembangan gadget saat ini  sangat banyak. Dampak pengaruh tersebut ada dua, positif dan negative :
Dampak Positif.
1.      Mendaptkan ilmu dan dapat belajar lebih mudah dan tidak membuat anak malas dalam mencari ilmu.
2.      Memberikan kebebasan anak dalam belajar dengan menggunakan gadget, namun di dalam gadget tersebut hanya berisi aplikasi yang membuat anak belajar.
3.      Anak bisa belajar tidak hanya menggunakan media buku namun bisa menggunakan gadget.
Dampak Negatif.
1.      Membuat anak menjadi malas belajar.
2.      Menjadikan anak menjadi lupa untuk istirahat.
3.      Membuat anak menjadi ketegantungan gadget.

2.3 Tips Memilih Gadget Pada Anak
1.      memilih gadget berdasarkan kebutuhan anak.
2.      pilih gadget yang sederhana, terjangkau, namun tetap canggih yang dapat mendukung edukasi anak. 
3.      Tablet dengan layarnya akan memperkuat fungsi 'sharing' antara anak dan orang tua.    Anak tidak sibuk sendiri dengan gadget melainkan dapat mengakses konten-konten dalam tablet bersama orang tua dengan nyaman.

2.4 Pengawasan Terhadap Anak
           
1.      Selalu melihat anak yang sedang menggunakan gadget. Sehingga anak pun merasa terawasi oleh orang tuanya.
2.      Membatasi waktu penggunaan gadget yang di gunakan oleh anak.
3.      Selalu mengechek gadget sebelum dan sesudah anak menggunakan gadget.



BAB III
METODE PENELITIAN

3.1.Metode Penelitian
            Metode pada penelitian ini adalah :
A.    Studi Kasus.
Metode ini di lakukan dengan cara mengamati suatu kasus yang nyata di lingkungan sekitar.


BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
            Gadget itu sebaiknya di gunakan oleh manusia yang sudah lebih bisa mengatur dan menjaga dalam menggunakan gadget tersebut. Namun saat ini sudah banyak yang mengizinkan anak yang berusia dini menggunakan gadget, sehingga anak pun mudah berkembang dalam penggunaan gadget. Yang terpenting adalah orang tua harus bisa selalu menjaga dan mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan gadget.
4.2 Saran
            Saran dalam topik ini adalah semua seharusnya bisa menjaga anak dan selalu memberi nasihat pada anak dalam hal apapun, agar anak tersebut tidak selalu ketergantungan pada perkembangan gadget.

DAFTAR PUSTAKA



Contoh Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung.

A.    Kutipan Langsung.
Terkait dengan keindahan bahasa sastra Semi (1993: 81) menyatakan bahwa “bagaimanapun juga kemampuan penulis dalam mengeksploitasi kelenturan bahasa akan menimbulkan kekuatan dan keindahan bahasa”.

B.     Kutipan Tidak Langsung.

Bentuk tulisan faktual yang berupa recount(penceritaan kembali) dalam media massa sangat beragam. Hal ini disebabkan sejalannya tujuan penulisan sebuah recount yang mengarah pada bentuk hiburan atau pemberian informasi (Callaghan & Rothery, 1993: 53). Banyak rubric surat kabar nasional yang menyediakan tempat untuk pembaca untuk terlibat dalam komunikasi nasional yang dijalin dalam bentuk artikel-artikel.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar